Monitoring & Evaluation Staf

PR TBC-HIV ‘Aisyiyah Membuka Lowongan untuk Posisi:

Monitoring & Evaluation Staf

Latar Belakang:

PR TBC-HIV ‘Aisyiyah adalah penerima utama dari proyek Global Fund for AIDS, Tuberkulosis & Malaria (GF-ATM) untuk melawan penyakit Tuberkulosis yang berbasis pada kegiatan masyarakat yang dikelola oleh Pimpinan Pusat Aisyiyah. ‘Aisyiyah adalah organisasi perempuan Muhammadiyah sebagai gerakan Islam, dakwah, dan tajdid yang bergerak di seluruh bidang kehidupan termasuk di dalamnya bidang sosial dan kesehatan. ‘Aisyiyah didirikan di Indonesia pada tahun 1917.

Pada Periode Implementasi Baru (2018-2020), ‘Aisyiyah telah dipilih sebagai Penerima Utama (PR) Global Fund untuk melaksanakan “Program Peduli Komunitas TB-HIV” untuk mewakili Masyarakat Sipil Indonesia. Oleh karena itu ‘Aisyiyah bertanggung jawab untuk mengkoordinasikan kegiatan tingkat masyarakat dari Sub-Penerima (SR) sebagai perwakilan dari Organisasi Masyarakat Sipil (CSO) yang saat ini mencakup 14 provinsi dan 130 kabupaten/kota di Indonesia.

Untuk mengelola implementasi program secara efektif, Unit Monitoring dan evaluasi saat ini mencari kandidat yang proaktif dan berkualifikasi tinggi untuk mengisi posisi Staf Monitoring dan Evaluasi yang berkedudukan di Pusat.

Tugas dan Tanggung Jawab Utama:

  1. Melaksanakan monitoring dan evaluasi untuk kegiatan Program Peduli Komunitas TB-HIV dan menyediakan laporan hasil monitoring dan evaluasi secara berkala dan tepat waktu.
  2. Memastikan ketepatan waktu dan keakuratan data yang dikirimkan dari SR yang menjadi tanggung jawabnya ke PR.
  3. Melakukan validasi terhadap laporan dan data yang diterima dari SR.
  4. Membuat analisis terhadap data capaian yang diterima dari setiap SR yang menjadi tanggung jawabnya dan menyerahkan pada atasan untuk dikompilasi.
  5. Membuat rekapitulasi data capaian setiap bulan, triwulan dan semester.
  6. Memberikan umpan balik dan supervisi kepada para Staf M&E di SR atas laporan yang dikirimkan.
  7. Memberi masukan kepada Koordinator M&E tentang metode kerja dan analisis data capaian.
  8. Menindaklanjuti temuan-temuan yang didapat dari data capaian SR yang diterima untuk dilakukan perbaikan.
  9. Menyiapkan PU/PUDR untuk memastikan laporan dengan kualitas tinggi yang akan diserahkan ke TWG/GF
  10. Berkordinasi dengan seluruh staf monitoring & evaluation (M&E), staf field operation (FO) serta research & advocay coordinator terkait pelaksanaan kegiatan Monitoring dan Evaluasi.
  11. Melaksanakan kunjungan rutin ke lokasi-lokasi proyek bila diperlukan untuk memantau pelaksanaan project.
  12. Dapat mengoperasikan atau menganilisis data kuantitatif maupun kualitatif sebagai bahan data laporan.
  13. Menyediakan analisis dasar dari dampak-dampak interim dan mengidentifikasi penyebab-penyebab dari hambatan implementasi project.

Persyaratan & Kualifikasi:

  • Minimal Sarjana (S1) bidang Monitoring dan Evaluasi, Sosial, Statistik, Kesehatan atau Bidang lain yang relevan;
  • Minimal Pengalaman 2 tahun di bidang monitoring dan evaluasi, berpengalaman dalam melakukan analisis data, membuat analisis variance dan penulisan laporan;
  • Pengetahuan statistik dasar yang baik;
  • Memiliki pengalaman bekerja dengan Organisasi Masyarakat Sipil, NGO atau dengan Organisasi Muhammadiyah/’Aisyiyah (diutamakan);
  • Memiliki kemampuan berinisiatif yang tinggi dan kemampuan bekerja dengan supervisi minimum;
  • Memiliki kemampuan inter-personal dan keterampilan komunikasi yang kuat dan mampu bekerja dengan deadline yang ketat.
  • Mampu bekerja dalam tim
  • Disiplin dan berdedikasi tinggi dan memiliki rasa tanggung jawab.

Posisi ini berlokasi di Jakarta dengan ketentuan masa kerja adalah 3 bulan masa percobaan dengan kemungkinan perpanjangan sampai 1 tahun atau sampai akhir periode program sesuai dengan hasil penilaian kinerja.

Bagi yang berminat dapat mengirimkan Surat Lamaran + CV Terbaru ke email berikut: fida@pr-tbaisyiyah.or.id

Batas Akhir pengiriman lamaran adalah: 10 Desember 2019. Untuk informasi lebih lanjut bisa menghubungi: HR &Koordinator Admin (021-83788749). Cantumkan nama posisi di atas di subject email.

Kandidat terpilih diharapkan dapat mulai bekerja pada Januari 2020. Hanya kandidat yang memenuhi kualifikasi yang akan dipanggil untuk test dan wawancara.